Pengertian Klaim Asuransi dan Hal Penting yang Anda Harus Tahu

6:36 PM

Halo, Kali ini sayap informasi akan membahas tentang pengertian klaim asuransi. Bagian ini tidak kalah pentingnya dengan premi yang beberapa waktu kemarin kami bahas. jika anda belum mengerti tentang pengertian premi asuransi bisa di dilihat disini

Baik langsung saja kita menuju pembahasan pengertian klaim asuransi



Klaim asuransi adalah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi meminta pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi. Perusahaan asuransi melakukan pemeriksaan validitas dan kemudian membayar untuk pihak tertanggung atau meminta (atas nama tertanggung) setelah disetujui.

Sedangkan " Menurut Ikatan Akuntan Indonesia " pengertian klaim asuransi Adalah

" Ganti rugi yang dibayarkan atau yang menjadi kewajiban kepada tertanggung oleh perusahaan asuransi  sehubungan dengan telah terjadinya kerugian "

Bisa dikatakan agar mendapatkan klaim asuransi , sebuah perusahaan asuransi akan melakukan survey,apakah berhak seseorang ini untuk mendapat klaim asuransi? biasanya perusahaan asuransi melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan anda berhak mendapat klaim asuransi , dengan mengumpulkan data data informasi, terkait dengan kerugian atau kejadian kepada pengaju klaim asuransi.

Sesudah ditinjau melalui survey berkala,syarat dan kondisi polis.perusahaan asuransi pun meninjau besarnya kerugian yang menjadi tanggung jawab pihak asuransi. setelah adanya konfirmasi penjelasan dari pihak asuransi bahwa klaim disetujui, langkah selanjutnya adalah 
penyelesaian administrasi dan pembayaran klaim.

Setelah semua step beres terselesaikan. selamat 
pihak asuransi akan segera melaksanakan tanggung jawab membayar klaim, tunai atau bisa melalui cek, giro dan melalui transfer rekening, dan bisa saja melakukan perbaikan atau penggantian barang yang diklaim.

Demikian pengertian klaim asuransi , semoga bermanfaat bagi yang memiliki asuransi ataupun yang hendak membeli asuransi tapi masih ragu membeli karna belum faham dengan istillah - istillah yang ada pada perusahaan asuransi. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. mantap mas ronaldo,share share juga dong tentang asuransi syariah hehe,

    ReplyDelete
  2. terimakasih telah berkunjung,sarannya saya tampung semoga di waktu dekat dekat ini bisa sharing artikel tentang asuransi syariah

    ReplyDelete