Bahasan Lengkap Tentang Jaringan Komputer

7:30 PM




Jaringan Komputer
- seperti yang kita ketahui jaringan komputer sudah tidak asing lagi di jaman berbasis teknologi seperti sekarang ini segala jenis akses kirim mengirim file sudah sangat mudah dilakukan, dan hal tersebut tidak terlepas dari adanya jaringan komputer.

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer
adalah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dengan melalui media transmisi / media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data dan aplikasi. Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer 1 dengan komputer lain untuk berkomunikasi dengan bertukar data. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta & dapat memberikan layanan (service). Pihak yang meminta maupun menerima layanan disebut dengan 
klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut dengan peladen (server).Desain sistem ini disebut client-server.

FUNGSI JARINGAN KOMPUTER

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dengan adanya jaringan komputer, terdapat banyak fungsi dari jaringan komputer itu sendiri yang diantaranya :
  • Mempercepat proses berbagi data (sharing data). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Hal ini sangat mempermudah user dalam memperoleh data yang diinginkan.
  • Lebih hemat dari segi biaya atau sumber daya lebih efisien dari metodhe / cara lain. Misalnya, dengan satu printer dapat digunakan untuk banyak pengguna /user.
  • Menjaga informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh komputer server memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Hal ini sudah diterapkan di dunia perusahaan ataupun instansi pemerintahan, dengan begitu data akan lebih mudah diakses dan membantu proses dalam pengerjaannya.

JENIS JENIS KABEL JARINGAN KOMPUTER


1. Kabel Coaxial


kabel coaxialKabel coaxial merupakan salah satu jenis kabel jaringan komputer yang klasik, dan saat ini sudah hampir tidak pernah digunakan lagi untuk penggunaan jaringan kabel pada sebuah sistem jaringan komputer. Kabel coaxial merupakan jenis kabel yang terdiri dari kawat tembaga, yang dilapisi olej isolator, konduktor, dan kemudian pada bagian luar dari kabel coaxial ini dilindungi dengan menggunakan bahan PVC. Sekila, kabel coaxial ini juga sama seperti kabel antenna televisi.



2. Twisted Pair
Twisted Pair
twisted pair, kabel jenis ini memiliki bentuk fisik berupa pasangan dari kabel kabel yang dipasang secara berilit satu sama lain, membentuk spiral. Kabel jenis ini merupakan jenis kabel yang saat ini paling banyak dan juga umum digunakan untuk pembuatan sebuah jaringan local atau LAN.

Kabel twisted pair memiliki 3 jenis kabel utama, berikut ini beberapa jenis kabel twisted pair, beserta ciri – cirinya

UTP (unshielded twisted pair)
Kabel UTP dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Karena tidak memilki perlindungan apapun pada bagian kabelnya, maka kabel jenis UTP ini memiliki kelemahan utama, yaitu sangat rentan dan juga sensitive terhadap voltase tinggi dan juga medan magnet. Kabel UTP banyak digunakan pada kabel jaringan telepon, dan juga jaringan LAN kecil (baca : Urutan kabel straight dan cross)

FTP (foiled twisted pair)
FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP, karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, sehingga hal ini membuat kabel jenis FTP memiliiki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetic dibandingkan dengan kabel UTP

STP (shielded twisted pair)
Hampir sama dengan kabel FTP, kabel STP juga memiliki perlindungan di dalam lapisan kabelnya. Yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya. STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic

Meskipun secara praktis kabel FTP dan juga kabel STP memilki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan UTP, namun demikian, kabel UTP masih menjadi favorit dalam penggunaannya di sebuah jaringan komputer. Hal yang membuat kabel UTP masih banyak digunakan adalah faktor ekonomis, dimana kabel jenis UTP memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kabel FTP dan jga STP. Hal ini menyebabkan kabel UTP masih menjadi pilihan pertama dalam pembuatan jaringan.

3. Fiber Optik

fiber optikJenis kabel jaringan yang ketiga adalah kabel jaringan fiber optic. Kabel fiber optic ini merupakan jenis kabel yang terdiri atas kumpulan serat – serat fiber, dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih fleksibel dibandingkan dengan kabel twisted pair.

Penggunaan Kabel fiber optik

Pada awalnya, kabel fiber optik hanya digunakan untuk keperluan khusus, seperti penggunaan pada jaringan backbone pada suatu perusahaan besar. Namun lama kelamaan, jaringan dengan menggunakan fiber optic menjadi semakin populer dan digunakan untuk keperluan jaringan secara umum, bahkan saat ini jaringan internet di rumah anda pun sudah banyak yang mendukng konektivitas menggunakan fiber optic


KECEPATAN BANDWITH

Teknologi jaringan komputer dapat dipilah-pilah berdasarkan kecepatan dan media transmisi yang digunakan. Jika dilihat dari kecepatan jaringan komputer, dapat disimpulkan bahwa ada 4 kategori jaringan komputer sebagai berikut :


1. Jaringan komputer dengan kecepatan rendah (low speed network). Jaringan dengan kategori ini biasanya memiliki kecepatan kurang dari 1 Mbps dan jarang digunakan oleh perusahaan-perusahaan pengguna jaringan. Kategori ini hanya untuk percobaan di laboratorium jaringan komputer.


2. Jaringan dengan kecepatan sedang (medium speed network). Kategori jaringan dengan speed midle ini adalah berkisar 1-20 Mbps. Kategori ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang tidak terlalu mementingkan kecepatan transfer data. Bermodalkan ethernet card, NIC (atau kartu jaringan 10 Mbps). Kabel coaxial, conector RG 58, dan T conector (HUB), kita sudah dapat membangun jaringan dengan kategori ini.


3. Jaringan komputer kecepatan tinggi (high speed network). Kecepatan lebih dari 20 Mbps termasuk dalam kategori ini. Transmisi data tidak hanya berupa teks, tetapi bisa juga berupa gambar. Teknologi lokal network untuk kategori ini diantaranya adalah FDDI, ATM, 100 VG any Lan, dan ethernet.


4. Jaringan komputer sangat cepat (super high speed network). Sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan komputer pada umumnya. Hingga saat ini kecepatan yang bisa dicapai adalah 10 Gbps. Dengan kecepatan ini, tidak hanya data teks dan grafis saja, tetapi bisa juga dilewati oleh voice dan video, bisa juga dilalui oleh streaming video. Teknologi jaringan yang digunakan ialah ethernet dan fiber.


WIFI


Wireless Fidelity atau Wifi adalah sebuah teknologi jaringan tanpa kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer. Wifi sendiri merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi yang mengacu pada sistem jaringan berstandart IEEE - 802.11. Prinsip kerja jaringan Wifi bisa dibilang sama dengan prinsip kerja jaringan seluler yaitu menggunakan gelombang radio untuk melakukan komunikasi antar perangkat. Perangkat - perangkat yang dimaksut antara lain komputer pribadi, smartphone, pemutar audio digital, konsol permainan video dan lain sebagainya.

WIMAX


Prinsip kerja WiMAX


WiMAX merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX adalah sebuah teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses tinggi dengan memiliki jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi sebelumnya yaitu BWA atau broadband wireless access dengan ditambahkan fitur-fitur yang menarik. Disamping kecepatan data tinggi yang dimiliki WiMAX, WiMAX juga merupakan sebuah teknologi dengan open standar. Dengan kecepatan data yang besar, WiMAX dapat diaplikasikan sebagai koneksi broadband ‘last mile’ ataupun backhaul.

BLUETOOTH

Apa itu bluetooth


Bluetooth adalah
 sebuah nama yang berasal dari seorang raja Denmark, Harald Blatand. Pada abad ke 10, raja tersebut berhasil menyatukan berbagai macam suku di Swedia, Finlandia, Denmark, dan Norwegia. Suku-suku yang ada di Negara tersebut terus berperang hingga pada akhirnya, sang Raja berhasil menyatukan dan mendamaikan mereka. Sementara itu, logo Bluetooth sendiri berasal dari dua huruf Jerman yang disatukan dimana dua huruf tersebut masing-masing adalah huruf A dan B.

Ini merupakan teknologi yang sangat baik dan praktis. Bluetooth mempunyai kemampuan memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya namun tidak menggunakan kabel atau disebut sebagai teknologi wireless. Untuk menjalankan komunikasi tanpa kabel, teknologi ini menggunakan frequency hopping transleiver yang memungkinkan adanya layanan komunikasi data serta suara dalam jangkauan terbatas. Bluetooth digunakan dalam berbagai keperluan berikut ini:

  • PC to PC File Transfer
  • PC to PC File Synchonization
  • PC to PC Mobile Phone
  • Wirelees Headseat
  • Lan Connection

VPN


VPN, singkatan dari Virtual Private Network, adalah teknologi jaringan yang menyediakan koneksi yang aman melalui jaringan publik seperti Wi-Fi dan Internet, atau jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan internet.
VPN biasanya digunakan oleh perusahaan, pemerintah dan organisasi militer untuk melindungi data sensitif mereka saat sedang menggunakan jaringan. Namun, saat ini penggunaan VPN secara pribadi juga semakin meningkat karena dapat melindungi identitas dan privasi pengguna saat berselancar di internet.
apa itu vpn (virtual private network), pengertian, cara kerja, dan manfaat
Normalnya, saat Anda terhubung ke internet, Anda terlebih dahulu terhubung ke ISP, lalu ISP menghubungkan anda ke website apapun (atau sumber daya lainnya di internet) yang ingin anda kunjungi. Semua lalu lintas internet Anda melewati server ISP, dan dapat dilihat oleh ISP.
Namun ketika anda menggunakan VPN, teknologi ini akan membuat tunnel (terowongan) yang aman antara komputer anda dengan komputer server yang anda akses. VPN juga akan menyembunyikan alamat IP Address asli anda dibalik salah satu IP provider VPN. Selain itu, VPN akan meng-enkripsi semua data anda dan kemudian dikirim melewati tunnel aman yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara bebas dan anonim (menggunakan identitas yang tidak dikenal).
Referensi
Jaringan Komputer

Wifi
Wimax
Bluetooth
Vpn

You Might Also Like

0 komentar